MATERI 1
Bahasa menunjukkan bangsa. Dengan bahasa dapat menjalin komunikasi dengan suku lain. Bahasa daerah di Indonesia sangat beragam. Jumlahnya sangat banyak karena setiap provinsi memiliki beberapa bahasa daerah sekaligus. Dari 34 provinsi di Indonesia, ada sebanyak 718 bahasa daerah yang sudah teridentifikasi per tahun 2020 ini.
Bahasa daerah di Indonesia kini terus berusaha diidentifikasi oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementrian Pendidikan dan Budaya. Di tahun 2019 lalu, ada tambahan 50 bahasa daerah yang baru diidentifikasi.
No |
Nama Provinsi |
Bahasa Daerah |
Rumah Adat |
Tarian |
Makanan Khas |
1 |
Nanggro Aceh Darussalam |
Aceh Gayo |
Krong Pade |
Seudati, Saman |
Timpan, Gulai Aceh |
2 |
Sumatera Utara |
Batak |
Bolon |
SerampangDuaBelas |
Lalamak |
3 |
Sumatera Barat |
Minang |
Gadang |
Baralek Gadang |
Rendang |
4 |
Riau |
Melayu |
Melayu Selaso Jatuh Kembar |
Joged Lambak |
Gulai ikan Patin |
5 |
Kepulauan Riau |
Melayu |
Selaso Jatuh Kembar |
Tandak |
Sup Ikan Batam |
6 |
Jambi |
Kubu |
Panjang |
SekapurSirih |
Tempoyak |
7 |
Sumatera Selatan |
Palembang |
Limas |
Tanggai |
Pempek |
8 |
Bangka Belitung |
Melayu Bangka |
Rakit |
TincakGambus Bangka Belitung |
Martabak Bangka |
9 |
Bengkulu |
Serawai, Lebak |
Rakyat |
Andun |
Oncong-oncongpisang |
10 |
Lampung |
Melayu |
NuwouSesat |
Jangget |
Srawit Lampung |
DKI Jakarta |
Betawi |
Kebaya |
Ronggeng,Yapong |
KerakTelor |
|
12 |
Jawa Barat |
Sunda |
Kasepuhan Cirebon |
Merak, Jaipong |
pepes |
13 |
Banten |
Banyumasan, Jawa |
Rumah Badui |
TariTopeng |
nasisumsum |
14 |
Jawa Tengah |
Jawa |
Padepokan |
Gandrung |
Lumpia |
15 |
DI Yogyakarta |
Jawa |
Joglo |
Bedaya |
Bapia |
16 |
JawaTimur |
Jawadan Madura |
Situbondo |
Reog Ponorogo |
Rujak Cingur |
17 |
Bali |
Bali dan Sasak |
Gapura CandiBentar |
Kecak |
Be’siap Base Palaleh |
18 |
Nusa Tenggara Barat |
Sumbawa, Bima |
Istana Sultan Sumbawa |
MpaaLenggogo |
GecakSape |
19 |
Nusa Tenggara Timur |
Alor, Belu |
Musalaki |
Perang |
Petepah Manuk |
20 |
Kalimantan Tengah |
Dayak |
Betang |
BaleanDadas |
Kalo-kalo |
21 |
Kalimantan Selatan |
Bugis, Banjar |
BanjarBubunganTinggi |
BaksaKembang |
Ayam masak hijau |
22 |
Kalimantan Timur |
Dayak, Kutai, Banjar |
Lamin |
Gong |
Sanga Cobek Salat |
23 |
Kalimantan Utara (provinsi baru) |
Tidung, Dayak |
Baloy |
Kancet Ledo |
Kepiting Soka |
24 |
Kalimantan Barat |
Dayak, Tionghoa |
Istana Kesultanan Pontianak |
Monong |
KueLimpin
|
No |
NamaProvinsi |
Bahasa Daerah |
RumahAdat |
Tarian |
MakananKhas |
25 |
Sulawesi Utara |
Minahasa, Sangir, Talaud |
Pewaris |
Maengket |
Ayam Rica-Rica |
26 |
Sulawesi Barat |
Toraja, Makassar |
Mandar |
Patuddu |
Ikan Terbang Asap |
27 |
Sulawesi Tengah |
Balantak |
Tambi |
Lumense |
Kaledo |
28 |
Sulawesi Tenggara |
Bunku-Laki, Muna-Butung |
Istana Buton |
Modinggu |
Sasate Nangka |
29 |
Sulawesi Selatan |
Mandar, Toraja |
Tongkonan |
Kipas |
Coto Makassar |
30 |
Gorontalo |
Atinggola, Gorontalo |
Dulohupa |
PauleCinde |
Binte Biluhuta |
31 |
Maluku |
Banda, Buru, Furu, Aru |
Baileo |
Lenso |
Palai Badar |
32 |
Maluku Utara |
Bacan, Damar, Balela, Fayo |
Baileo |
Dana-Dana |
Popede (sagu) |
33 |
Papua Barat |
Mann, Morwap, Molof, Mooi |
Honai |
SelamatDatang |
Papeda |
34 |
Papua |
Dera, Kaure, KentukBresi, |
Honai |
Musyoh |
Sop Hapire |
TUGAS 1
Jawablah pertanyaan di bawah ini!
1. Apa manfaat bahasa bagi manusia?
2. Mengapa tiap daerah memiliki bahasa daerah berbeda-beda?
3. Isilah Tabel berikut ini!
No |
Nama Provinsi |
Bahasa Daerah |
Rumah Adat |
1 |
Nanggro Aceh Darussalam |
|
|
2 |
Sumatera Utara |
|
|
3 |
Jawa Timur |
|
|
4 |
Bali |
|
|
5 |
Nusa Tenggara
Timur |
|
|
6 |
Kalimantan
Utara |
|
|
7 |
Sulawesi
Selatan |
|
|
8 |
Maluku |
|
|
9 |
Gorontalo |
|
|
10 |
Papua |
|
|
MATERI 2
Bacalah teks berikut!
Bahasa daerah merupakan kebudayaan nasional dan identitas Negara. Indonesia memiliki 748 bahasa daerah menurut Wikipedia. Sedangkan menurut BPS ( Badan Pusat Statistik) bahasa daerah pada tahun 2010 berjumlah 1158 bahasa. Melihat banyaknya bahasa daerah yang ada di Indonesia maka upaya untuk melestarikanya sangat dibutuhkan. Karena dari beberapa bahasa daerah yang ada, terancam kepunahannya. Bahkan ada bahasa daerah yang telah punah. Bahasa daerah yang telah punah itu berjumlah 14 bahasa yakni, 10 bahasa di Maluku Tengah, bahasa Hoti, Hukumina, Hulung, Serua, Te'un, Palumata, Loun, Moksela, Naka'ela dan Nila. Dua bahasa punah juga di Maluku Utara yakni Ternateno dan Ibu. Serta dua bahasa berasal dari Papua yakni Saponi dan Mapia.
Mengingat pentingnya bahasa daerah pemerintah telah mencantumkannya di dalam peraturan UUD tahun 1945 pasal 32 ayat (2) : Negara menghormati dan memelihara bahasa daerah sebagai kekayaan budaya nasional. Oleh karena itu dalam upaya melestarikan bahasa daerah maka seharusnya pemerintah menerapkan bahasa daerah yang ada di kurikulum sebagai pembelajaran ekstrakulikuler dalam dunia pendidikan.
Adanya pembelajaran bahasa daerah yang berada di kurikulum sebagai pembelajaran ekstrakulikuler di sekolah, yaitu memasukan bahasa daerah dalam pembelajaran muloq, dengan menyediakan tenaga pengajar yang ahli dalam bahasa daerah itu atau keabsahannya yang telah diakui. Sehingga bisa menjadi bahan pembelajaran yang baik bagi generasi untuk lebih memperdalam bahasanya, bisa juga untuk menarik perhatian dan meningkatkan minat serta menimbulkan rasa cinta terhadap bahasa daerahnya. Caranya, sekolah tersebut mengadakan perlombaan berupa lomba lagu daerah, mengarang cerpen menggunakan bahasa daerah, drama bahasa daerah, dan lain sebagainya.
Lalu siapakah yang bertanggung jawab terhadap kebudayaan nasional kita? Kebudayaan nasional kita merupakan tanggung jawab dari semua pihak. Baik pemerintah, masyarakat dan generasi kita. Maka dari itu, generasi penerus bangsa kita dan masa depan bahasa daerah kita tergantung pada generasi penerus bangsa kita. Jika bahasa daerah penuturnya semakin bekurang, maka dengan berangsurnya waktu bahasa daerah kita akan terancam punah bahkan akan punah.
Sebagai generasi yang baik, kita harus mencintai kebudayaan nasional sendiri. Karena jika bukan kita siapa lagi, jika bukan sekarang kapan lagi, maka dari itu mari kita bersama-sama mencintai dan melestarikan kebudayaan nasional kita, yaitu bahasa daerah atau yang dikenal dengan bahasa ibu dengan mempelajarinya. Karena bangsa yang hebat adalah bangsa yang memiliki kebudayaan nasional yang kuat.
TUGAS 2
1. Tuliskan ide pokok dari setiap paragraf bacaan di atas pada tabel berikut!
Paragraf ke- |
Ide Pokok |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2. Tuliskan informasi yang kamu dapatkan dari bacaan di atas!
Informasi dari bacaan di atas |
|
1 |
|
2 |
|
3 |
|
4 |
|
5 |
|
Selamat belajar anak-anak!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar