Salam Sejahtera bagi yang beragama lain.
Selamat pagi anak-anak.
Bagaimana kabar hari ini, semoga kalian selalu semangat dan aktif dalam belajar. Dalam kondisi negara yang masih mengalami Pandemi Covid-19 ini menuntut kalian untuk belajar di rumah.
Sebelum palajaran dimulai mari kita berdoa dulu.
Baik anak-anak, pada pagi hari ini kita akan membahas tentang tema 5 subtema 2 Pembelajaran 2
MATERI 1
Bacalah teks berikut!
Gusnadi Wiyoga – Prestasi di Tengah Keterbatasan
Gusnadi Wiyoga berumur 15 tahun. Ia berasal dari keluarga sederhana
yang tinggal di Dusun Waringin, Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta.
Ayahnya adalah seorang tukang sol sepatu dan ibunya adalah seorang ibu
rumah tangga. Kondisi perekonomian orang tua Gusnadi yang kekurangan
tidak membuatnya patah semangat untuk berprestasi.
Yoga panggilan akrabnya, berhasil meraih medali perak Olimpiade
Sains Nasional (OSN) 2011 di Manado. Hasil ini mengantarkan Yoga
mewakili Indonesia di International Competitions and Assessment for
Schools (ICAS) wilayah Asia Pasifik tahun 2011. Pada kompetisi ini Yoga
mendapatkan medali perak. Kesederhanaan tidak menjadi hambatan
baginya untuk berprestasi. Sejak kecil, Yoga terbiasa belajar mandiri,
tanpa mengikuti bimbingan belajar ataupun kursus. Setiap malam, ia
tekun mengulang pelajaran yang diterimanya di sekolah.
Bagaimana memulai semuanya? Semua itu berawal ketika ia duduk
di kelas VI SD. Saat itu, ia dikirim ke Hong Kong (2007) untuk mengikuti
lomba Matematika mewakili Indonesia. Dalam perlombaan itu, ia tidak
menang. Namun, hal ini menjadi pemicu bagi Yoga untuk terus belajar dan mengembangkan diri. Dengan prestasinya, Yoga berhasil
membuktikan bahwa semangat dan kerja keras bisa mengalahkan
keterbatasan. Selalu ada jalan bagi mereka yang mau berusaha
TUGAS 1
Berdasarkan teks di atas jawablah pertanyaan berikut.
1. Apa prestasi yang Gusnadi Wiyoga?
2. Apa usaha yang Yoga lakukan untuk meraih prestasi itu?
3. Sikap-sikap baik apa yang dimiliki oleh Yoga? Jelaskan jawabanmu!
4. Apakah sikap Yoga tersebut mencerminkan sila kelima Pancasila?
Jelaskan jawabanmu!
MATERI 2
SYMBOL DAN MAKNA PANCASILA SILA KE-5
Salah satu sikap yang dimiliki oleh Yoga adalah kerja keras. Sikap itu sesuai
dengan sila kelima. Ayo kita pelajari lebih lanjut.
Sila kelima : Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia
Sila ini bermakna sebagai berikut.
•• Adil, bukan harus sama.
•• Mau bekerja keras.
•• Mengakui kedaulatan bangsa sendiri dan bangsa lain.
•• Menganggap bangsa sendiri sederajat dengan bangsa lain.
Lambang sila kelima adalah berikut.
Makna Lambang Padi dan Kapas
Padi kapas ini melambangkan sila kelima, yaitu Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia.
Kapas dan padi melambangkan pangan dan sandang yang merupakan kebutuhan pokok semua rakyat Indonesia tanpa melihat status atau kedudukan.
Padi atau beras melambangkan makanan pokok masyarakat Indonesia yang biasa dikonsumsi sehari-hari. Bisa dikatakan bahwa padi merupakan sumber kehidupan.
Kemudian kapas adalah salah satu bahan utama dalam pembuatan pakaian.
Jika kebutuhan pangan dan sandang rakyat terpenuhi dengan baik, maka Indonesia sudah bisa dikatakan sebagai negara yang makmur.
Secara keseluruhan pangan dan sadang wajib terpenuhi untuk seluruh rakyat. Karena alasan itulah padi dan kapas dijadikan sebagai lambang sila kelima.
Penerapan Sila Kelima
Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk menerapkan pancasila kelima yang dilambangkan oleh padi dan kapas.
1. Memiliki kemauan untuk menolong orang lain. Namun, kita harus menyesuaikannya dengan kemampuan kita sendiri.
2. Selalu menghargai hasil karya orang lain.
3. Tidak bertindak semena-mena pada orang lain.
4. Menghormati hak dan kewajiban orang lain.
5. Berani memperjuangkan keadilan untuk diri sendiri dan juga untuk orang lain.
Contoh Pengamalan Pancasila sila ke 5
1. Di lingkungan keluarga;
a) Bersikap hemat dan mau bekerja keras sesuai dengan kemampuan.
b) Mengutamakan kebutuhan sekolah sebelum kebutuhan lainnya.
c) Pandai membagi waktu untuk belajar, bermain, dan membantu orang tua.
d) Rajin melatih diri dengan keterampilan/hasta karya.
e) Tidak bersikap boros.
f) Mengatur pengeluaran.
g) Menjadi orang tua asuh, atau teman asuh bagi orang lain yang kekurangan
dalam ekonomi.
h) Mau berbagi rasa dan keuntungan dengan keluarga lain yang membutuhkan
pertolongan.
i) Mengembangkan silaturahmi, kekeluargaan dan kegotongroyongan dalam
mengembangkan usaha keluarga.
2. Di Lingkungan Sekolah
- tidak membeda bedakan teman
- bersikap adil kepada teman
- menjalinkan kebersamaan terhadap teman
- belajar sungguh sungguh untuk meraih prestasi
- berbagi pembagian tugas dalam kerja tugas kelompok
3. Di Lingkungan Masyarakat
- Peduli teehadap penderitaan orang lain dan dapat membantu.
- Menjaga keseimbangan antara hak dan kewajiban.
- Tidak melakukan perbuatan-perbuatan pihak lain.
- Menghormati hak orang lain atas dasar keadilan.
- Suka bekerja keras.
- Tidak berperilaku boros.
- Tidak bergaya hidup mewah.
- Suka berhemat.
- Tidak melanggar peraturan yang berkaitan dengan kepentingan umum.
Dalam pelaksanaanya, Hak dan Kewajiban harus dijalankan dengan seimbang, hal ini bertujuan agar terjadi ikatan kesinambungan antar individu yang satu dengan individu yang lain, sehingga akan terciptanya hubungan timbal balik yang positif dan terwujudnya keselarasan yang harmonis antar umat manusia, disisi yang lain hal ini juga dapat memicu terciptanya persatuan dan kesatuan ditengah – tengah kehidupan berbangsa dan bernegara.
TUGAS 2
Jawablah pertanyaan berikut!
1. Jelaskan gambar dan makna simbol dari Pancasila Sila ke 5!
2. Sebutkan 3 contoh penerapan Sila ke 5 di rumah!
3. Sebutkan 3 contoh penerapan Sila ke 5 di sekolah!
4. Sebutkan 3 contoh penerapan Sila ke 5 di masyarakat!
5. Mengapa hak dan kewajiban harus dijalankan seimbang?
selamat belajar anak-anak!
Tetap semangat!
Jangan lupa tiap selesai dikerjakan difoto dan dikirim di wa saya ya.
Untuk PR mohon dikerjakan LKS hal, 38-39.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar