Senin, 24 Agustus 2020

TEMA 2 ST.2 PB1

 TEMA 2 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 1


 Assalamu'alaikum Wr. Wb


Salam Sejahtera bagi yang beragama lain.

Selamat pagi anak-anak.
Bagaimana kabar hari ini, semoga kalian selalu semangat dan aktif dalam belajar. Dalam kondisi negara yang masih mengalami Pandemi Covid-19 ini menuntut kalian untuk belajar di rumah.
Sebelum pelajaran dimulai mari kita berdoa dulu.

Baik anak-anak, pada pagi hari ini kita akan membahas tentang tema 2 subtema 2 pembelajaran 1.

Perhatikan video berikut!


MATERI 1

Kita harus memperhatikan penggunaan energi. Jangan sampai energi habis karena pemakaian yang tidak terbatas. Apa yang dapat kita lakukan agar energi tidak habis? Selalu berhemat akan membantu ketersediaan energi. Daripada pergi ke sekolah naik kendaraan, kita dapat naik sepeda atau berjalan kaki.

Kipas angin merupakan salah satu benda di rumah yang membutuhkan energi listrik. Kali ini kamu akan belajar membuat kipas yang tidak membutuhkan listrik. Bacalah petunjuk berikut dengan seksama dan praktikkan.

TUGAS 1

1. Buatlah kipas dari kertas dengan contoh seperti di atas atau model lain yang lebih bagus, setelah itu kamu berfoto dengan hasil karyamu dikirim di wa grup!

2. Tulislah cara membuat kipas tadi pada kolom berikut!

MATERI 2  (IPA)

 

Perubahan Energi

Energi bersifat kekal. Artinya, energi tidak dapat diciptakan maupun dimusnahkan. Selama jutaan tahun, energi hanya berubah bentuk dari satu bentuk ke bentuk lainnya. Oleh manusia, energi diubah bentuknya untuk meringankan pekerjaan sehari-hari. Contohnya, televisi yang mengubah energi listrik menjadi energi cahaya dan bunyi. Atau kompor yang mengubah energi kimia dalam bentuk gas dan minyak goreng yang diubah kompor menjadi energi panas untuk memasak.

Bentuk energi Energi terdiri dari beberapa bentuk yakni:

1.    Energi panas/kalor

2.    Energi cahaya

3.    Energi bunyi

4.    Energi magnet

5.    Energi listrik

6.    Energi kimia

7.    Energi nuklir

8.    Energi gerak/mekanis/kinetis

 

Contoh:

Perubahan energi Energi kimia menjadi energi gerak: Makanan yang kita konsumsi membuat kita bernergi sehingga bisa berjalan dan beraktivitas

Energi gerak menjadi energi panas: Roda yang saling bergesekan menghasilkan energi panas yang menghidupkan mesin

Energi kimia menjadi energi cahaya: lilin yang dibakar

Energi cahaya menjadi energi kimia: proses fotosintesis menyerap cahaya matahari menjadi zat yang bernutrisi bagi tumbuhan   

Energi dan Perubahannya Lihat Foto Perubahan bentuk energi(National Energy Education Development Project)

 

 

 

Perubahan energi listrik Di era modern, energi yang paling fleksibel untuk diubah menjadi energi lain adalah energi listrik. Beberapa bentuk perubahan energi listrik di antaranya:

Energi listrik menjadi energi cahaya: Lampu pijar dan lampu tabung

Energi listrik menjadi energi bunyi: Speaker, bel, radio, dan televisi

Energi listrik menjadi energi gerak: Kipas angin, blender, mobil listrik

Energi listrik menjadi energi magnet: Pengangkat besi yang menggunakan elektromagnet Energi listrik menjadi energi kimia: Charger, pengisian akibat

Energi listrik menjadi energi panas: magic jar, setrika, kompor listrik, pemanggang, pemanas air, pencatok rambut Asal listrik

Jika energi tidak dapat diciptakan, lalu dari mana asalnya listrik? Selama puluhan tahun terakhir, sebagian besar listrik berasal dari pembangkit yang mengolah batu bara dan minyak bumi. Batu bara dan minyak bumi adalah energi kimia yang berasal dari fosil makhluk hidup yang mati dan terkubur jutaan tahun lalu.

 

Namun kedua bentuk energi itu tidak ramah lingkungan. Kita seharusnya beralih ke pengolahan energi listrik yang ramah lingkungan. 

Contohnya energi panas dari matahari yang mampu berubah menjadi listrik dengan panel surya (solar panel). 

Atau energi gerak yang dimiliki angin, memutar turbin yang menghasilkan energi mekanis. Lalu menggunakan generator, energi mekanis itu diubah menjadi energi listrik. 

Proses ini berlangsung di Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB). Selain angin, listrik juga dibangkitkan oleh energi gerak yang dimiliki air, ombak, dan pasang surut. Yang paling mutakhir, energi nuklir yang terkandung dalam uranium, mampu diolah menjadi energi listrik yang sangat besar.

TUGAS 2

Isilah tabel di bawah ini, diskusikan dengan orang tua atau temanmu untuk memudahkan dalam mngerjakannya!


MATERI 3

Sumber daya alam adalah semua yang terdapat di alam (kekayaan alam) yang dapat dimanfaatkan oleh manusia untuk mencukupi segala kebutuhan hidupnya.Sumber daya alam merupakan istilah yang berhubungan dengan materi-materi dan penting yang terdapat di planet bumi yang memberikan manfaat bagi kehidupan manusia.Materi alam tersebut dapat berupa benda hidup (unsur-unsur hayati), yaitu hewan dan tumbuhan.Terdapat pula benda mati (non hayati), seperti tanah, udara, air, bahan galian atau barang tambang.Selain itu terdapat pula kekuatan-kekuatan alam menghasilkan tenaga atau energi. Misalnya, panas bumi, energi matahari, kekuatan air, dan tenaga angin 31 udara, air, bahan galian atau barang tambang (Wahyono, 2008: 134-136).

Adapun sumber daya alam (SDA) dibagi kedalam tiga jenis, berikut jenis-jenis sumber daya alam: 

1. Sumber daya alam berdasarkan sifatnya

a. SDA yang dapat diperbarui SDA yang dapat diperbarui merupakan sumber daya alam yang apabila dimanfaatkan dan habis maka dapat dilestarikan kembali. Contohnya air, tanah, tumbuhan dan hewan.

b. SDA yang tidak dapat diperbarui SDA yang tidak dapat diperbarui adalah sumber daya alam yang apabila dimanfaatkan atau digunakan sampai habis maka sumber daya alam itu tidak dapat dilestarikan kembali. Contohnya emas, batu bara, minyak bumi.

2. Sumber daya alam berdasarkan potensinya

a. Sumber daya alam materi Sumber daya alam materi merupakan sumber daya alam yang dimanfaatkan oleh manusia dalam bentuk fisiknya, seperti batu, besi, kayu.

b. Sumber daya alam energi Sumber daya alam energi merupakan segala sesuatu yang berasal dari alam yang dimanfaatkan dari segi energi yang 32 dihasilkan, seperti sinar matahari, barang tambang, kincir angin.

c. Sumber daya alam ruang Sumber daya alam ruang merupakan sumber daya alam yang berupa ruang atau tempat hidup, contoh adalah hamparan tanah atau daratan dan ruang angkasa.

3. Sumber daya alam berdasarkan jenisnya

a. Sumber daya alam hayati (Biotik)

Sumber daya alam hayati adalah sumber daya alam yang dihasilkan dari makhluk hidup (hewan atau tumbuhan). Contohnya adalah pertanian, perkebunan, peternakan, pertambangan dan perikanan.

 

b. Sumber daya alam non hayati (Abiotik)

Sumber daya alam non hayati merupakan sumber daya alam yang tidak berasal dari makhluk hidup. Contohnya air, tanah dan barang tambang.

Pemanfaatan Sumber Daya alam, semua kekayaan bumi baik biotik maupun abiotik, yang dapat dimanfaatkan untuk kesejahteraan manusia merupakan sumber daya alam. Berikut adalah hal-hal yang perlu dilaksanakan agar pemanfaatan sumber daya alam dapat bermanfaat dalam jangka waktu yang panjang:

 a. Sumber daya alam harus dikelola untuk mendapatkan manfaat yang maksimal, tetapi sumber daya alam harus diusahakan agar produktifitas nya tetap berkelanjutan.

b. Eksploitasinya harus dibawa batas daya regenerasi atau asimilasi sumber daya alam.

c. Diperlukan kebijaksanaan dalam pemanfaatan sumber daya alam yang ada dapat di lestarikan dan berkelanjutan dengan menanamkan pengertian sikap serasi dengan lingkungannya.


TUGAS 3

Jawablah pertanyaan berikut!

1. Sebutkanlah 3 macam sumber daya alam menurut bacaan di atas!

2. Tuliskan 2 sumber daya alam berdasarkan sifatnya beserta contohnya!

3. Sebutkan sumber daya berdasarkan jenisnya dan berikan pula contohnya!

4. Bagaimana cara merawat sumber daya alam agar alam agar tetap awet dan lestari?

5. Isilah tabel berikut!


Selamat belajar ya anak-anak, tetap semangat dan semoga sukses semua!



Rujukan:

1. Buku paket tema kelas 4 kur. 2013 rev. 2017

2. https://www.youtube.com/watch?v=jp7Gm8hTcOg

3. https://www.kompas.com/skola/read/2020/05/12/160000669/perubahan-energi-dan-contohnya?page=all

4. http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/6355/1/SKRIPSI_ELISA.pdf


Tidak ada komentar:

Posting Komentar