Rabu, 05 Agustus 2020

TEMA 1 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 3


MATERI PEMBELAJARAN TEMA
TEMA 1 SUBTEMA 3 PB. 3


Assalamu'alaikum Wr. Wb

Salam Sejahtera bagi yang beragama lain.

Selamat pagi anak-anak.
Bagaimana kabar hari ini, semoga kalian selalu semangat dan aktif dalam belajar. Dalam kondisi negara yang masih mengalami Pandemi Covid-19 ini menuntut kalian untuk belajar di rumah.

Baik anak-anak, pada pagi hari ini kita akan membahas tentang tema 1 subtema 3 pembelajaran 3.


MATERI 1 

Perhatikan aturan permainan tradisional berikut!

TUGAS 1 

Sehabis membaca dan mencoba permainan bersama teman sekrang cobahlah untuk menceritakan pengalamanmu (dikerjakan di buku tugas Tema)

 



MATERI  2

Perhatikan teks berikut!

Bunyi merupakan hasil dari getaran suatu benda yang merambat dalam bentuk gelombang. Oleh karena itu, bunyi sering disebut sebagai gelombang bunyi. Bunyi dihasilkan oleh benda-benda yang bergetar.

A. Sifat-Sifat Bunyi
Sifat-sifat bunyi ada tiga, yaitu sebagai berikut.

  1. Termasuk gelombang longitudinal (gelombang yang arah rambatnya sejajar dengan arah getarnya).
  2. Perambatannya membutuhkan medium.
  3. Dapat dipantulkan.


B. Sumber-Sumber Bunyi
Setiap benda yang bergetar pasti akan menghasilkan bunyi. Benda-benda itu dinamakan sumber bunyi. Yang dimaksud dengan sumber bunyi adalah benda-benda yang dapat menghasilkan bunyi. Contoh sumber bunyi adalah garpu tala, alat-alat musik seperti gamelan, suling, dan trompet, serta benda-benda lain seperti drum dan bedug yang dipukul.

C. Jenis-Jenis Bunyi
Bunyi mempunyai jenis yang berbeda-beda. Hal ini bergantung dari frekuensinya. Frekuensi adalah banyaknya getaran yang terjadi setiap satu detik. Satuan frekuensi adalah Hertz (Hz). Berdasarkan frekuensinya, bunyi dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu:

  1. Bunyi Infrasonik adalah bunyi yang mempunyai frekuensi sangat rendah, yaitu kurang dari 20 Hz. Bunyi infrasonik ini dapat didengar oleh kelelawar, anjing, jangkrik, dan kuda.
  2. Bunyi Audiosonik adalah bunyi yang mempunyai frekuensi di antara 20-20.000 Hz. Bunyi audiosonik ini dapat didengar oleh manusia. 
  3. Bunyi Ultrasonik adalah bunyi yang mempunyai frekuensi sangat tinggi, yaitu lebih dari 20.000 Hz. Bunyi ultrasonik ini dapat didengar oleh lumba-lumba.


D. Perambatan Bunyi


Ketika ada trompet ditiup dan gitar dipetik, kita akan mendengar kedua bunyi tersebut secara bersamaan. Bunyi trompet dan gitar tersebut merambat melalui medium udara. Udara merupakan medium yang sering dilalui oleh gelombang bunyi. Cepat rambat bunyi dipengaruhi oleh dua hal, yaitu jenis dan suhu medium. 

Pada umumnya, bunyi dapat merambat melalui medium padat, cair, dan udara. Bunyi tidak merambat di ruang hampa udara karena bunyi memerlukan medium untuk merambat. Benda padat dan cair merupakan penghantar bunyi yang baik daripada udara. Hal ini disebabkan susunan partikel zat padat dan cair lebih rapat daripada susunan partikel udara.

Selain jenis medium, faktor yang memengaruhi cepat rambat bunyi adalah suhu medium. Semakin besar (meningkat) suhu medium, maka cepat rambat bunyi akan semakin besar. Hal ini dikarenakan pada saat suhu medium meningkat, molekul-molekul medium akan bergerak lebih cepat. Gerakan tersebut akan menimbulkan tumbukan antarpartikel medium yang frekuensinya semakin besar. Dengan meningkatnya frekuensi tumbukan ini, energi akan berpindah dalam waktu singkat, sehingga cepat rambat bunyi akan semakin cepat.



TUGAS 2  (dikerjakan di buku tugas tema)

Jawablah pertanyaan di bawah ini!
1. Apa yang disebut dengan bunyi?
2. Sebutkan sifat-sifat bunyi!
3. Jelaskan pengertian sumber bunyi dan berikan contoh benda-benda yang menghasilkan 
    bunyi!
4. Sebutkan dan jelaskan 3  frekuensi bunyi yang kamu ketahui!
5. Mengapa benda yang padat merupakan penghantar yang baik bagi bunyi?
6. Mengapa bunyi tidak bisa terdengar di ruang hampa?
7. Sebutkan benda-benda yang dapat menghambat atau menyerap bunyi!
8. Apa perbedaan antara gaung dan gema?
9. Dimana kita biasanya bisa menjumpai terjadinya gema?
10. Apa manfaat gema bagi manusia?



sumber :
1. Buku paket tema kelas 4







Tidak ada komentar:

Posting Komentar