Kamis, 03 September 2020

TEMA 2 ST. 3 PB. 3

 TEMA 2 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 3


Asslamu'alaikum Wr. Wb

Selamat pagi anak-anak.
Bagaimana kabar hari ini, semoga kalian selalu semangat dan aktif dalam belajar. Dalam kondisi negara yang masih mengalami Pandemi Covid-19 ini menuntut kalian untuk belajar di rumah.

Sebelum palajaran dimulai mari kita berdoa dulu.

Baik anak-anak, pada pagi hari ini kita akan membahas tentang tema 2 subtema 3 pembelajaran 3.


SUMBER ENERGI LISTRIK

        Dalam kehidupan ini, manusia membutuhkan energi untuk kelangsungan hidup sehari-hari. Energi dibagi menjadi dua, energi terbarukan dan energi tak terbarukan. Energi terbarukan juga biasa disebut dengan energi alternatif. 

        Salah satu energi yang sangat dibutuhkan oleh manusia adalah energi listrik. Untuk menghasilkan energi listrik dibutuhkan sebuah alat atau sumber daya alam sebagai sumber energi lsitrik. Energi listrik adalah energi yang dihasilkan dari beragam sumber yang menghasilkan energi lsitrik yang dibutuhkan oleh berbagai macam alat listrik maupun elektronik.

1. Nuklir
image

Energi nuklir masih menjadi sumber energi yang yang paling padat dari semua sumber energi di alam ini yang bisa dikembangkan manusia. Artinya, kita dapat mengekstrak lebih banyak panas dan listrik dari jumlah yang diberikan dibandingkan sumber lainnnya dengan jumlah yang setara. Sebagai pembanding, 1 kg batu bara dan uranium yang sama-sama dari perut bumi. 

Tentu segala sesuatu ada sisi positif dan negatif, termasuk sumber energi nuklir ini. Kelemahannya adalah kalau sampai terjadi kecelakaan atau kebocoran dari reaktor nuklir, maka bisa aja terjadi bencana besar akibat radio aktif yang bisa membunuh umat manusia. 

2. Minyak
image

Minyak dimanfaatkan untuk bahan bakar pada Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) dan banyak ditemukan di Indonesia. Hanya saja sistem penghasil energi listrik ini bisa menimbulkan limbah asap yang bikin polusi udara. Apalagi minyak masuk kedalam kategori sumber energi yang tidak bisa diperbaharui, maka dari itu kita bisa memilih untuk pakai energi alternatif yang lain.

3. Energi Gelombang
image

Energi lainnya adalah dengan adanya pemanfaatan gelombang laut yang pasang. Penggunaannya memang tidak merusak lingkungan, tapi dalam memanfaatkan gelombang ini membutuhkan anggaran yang cukup besar untuk membangun reaktornya. Selain itu juga kecepatan ombak yang tidak stabil juga menjadi salah satu kendala.

4. Sumber Energi Angin
image

Sumber ini sama sekali tidak membutuhkan bahan bakar karena berasal dari angin, jadi kecepatan angin menentukan seberapa daya yang dihasilkan. Untuk menggunakan pembangkit ini memerlukan angin yang kencang agar bisa tercipta energi yang besar pula.

5. Batu Bara
image

Batu bara bisa banget dimanfaatkan, dan sangat mudah ditemukan. Tapi kekurangannya adalah kita butuh lubang yang besar untuk bisa memanfaatkan batu bara dan itu bisa memakan biaya besar serta tempat yang memadai. Selain itu, hasil pembakaran yang menimbulkan asap yang
menyebabkan polusi udara.

6. Hidro Elektrik
image

Mungkin kita lebih mengenal ini sebagai energi bendungan. Jadi bendungan itu nantinya yang memutar turbin dan merupakan energi yang tidak terbatas dan memanfaatkan energi air untuk mendapatkan sumber listrik. Namun ini juga beresiko bisa terjadi banjir dan apabila musim kemarau angin tidak akan bisa lagi buat memutar turbin.


7. Panas Bumi

image
Panas bumi juga bisa dijadikan sebagai sumber energi. Kelebihan dari panas bumi adalah ia nggak pernah habis. Hal itu yang membedakannya sama minyak dan batu bara. Namun sayangnya tidak banyak tempat yang bisa dibangun untuk menghasilkan energi dari sumber ini.

8. Tenaga Surya
image

Energi yang tak terbatas ini juga bisa digunakan sebagai sumber tenaga listrik. Hanya saja perlu biaya yang mahal untuk bisa membangun reaktornya. Faktor cuaca juga menjadi salah satu hambatannya.

9. Energi Pasang Surut
image

Energi ini dihasilkan dari pasang surut air laut dan menjadikannya energi listrik. Ini adalah salah satu energi yang terbarukan dan relatif lebih mudah diprediksi daripada energi surya atau energi angin. Pemanfaatannya saat ini belum luas karena tingginya biaya dan terbatasnya lokasi yang memiliki pasang surut yang mencukupi.


10. Biomassa

image

Biomassa sendiri adalah bahan organik yang dihasilkan dari fotositesis, baik produk maupun buangan. Contohnya seperti pepohonan, rumput, ubi, sampah pertanian, limbah hutan, tinja dan kotoran ternak. Selain digunakan untuk tujuan primer serat, bahan pangan, pakan ternak, minyak nabati, bahan bangunan dan sebagainya, biomassa juga digunakan sebagai sumber
energi listrik. Wow! Bahkan sampah pun bisa lho, jadi sumber energi listrik! Seperti yang dikembangkan oleh GE dengan PLN.
Saat ini GE bekerjasama dengan PLN membangun pusat tenaga listrik biomassa yang diberi nama ‘Biomass’ menggunakan serpihan bakar serpihan kayu dengan memakai teknologi Jenbacher.
image

TUGAS 1

1. Apa yang dimaksud dengan energi lsirik?

2. Mengapa manusia sangat memerlukan energi listrik dalam kehidupan sehari-hari?

3. Sebutkan 5 contoh sumber daya listrik yang kamu ketahui menurut bacaan teks di atas!

4. Apa keunggulan dan kelemahan menggunakan energi listrik dari Minyak bumi?

5. Jelaskan efek negatif dari penggunaan energi nuklir sebagai sumbr energi listrik!

6. Mengapa penggunaan energi listrik dari matahari jarang digunakan di Indonesia?

7. Apa kelebihan dari panas bumi yang bisa menghasilkan energi listrik?

8. Coba kamu sebutkan tempat Pembangkit listrik yang ada di Jawa Timur!

9. Jelaskan pengertian dari Biomassa yang digunakan untuk pembangkit listrik!

10. Apa manfaat lain dari  bendungan air selain digunakan untuk PLTA (Pembangkit lisrtrik 
      Tenaga Air!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar