Selasa, 28 Juli 2020

PECAHAN SENILAI

MATERI PELAJARAN
SELASA, 28  JULI  2020


Assalamu'alaikum Wr. Wb

Salam Sejahtera bagi yang beragama lain.

Selamat pagi anak-anak.
Bagaimana kabar hari ini, semoga kalian selalu semangat dan aktif dalam belajar. Dalam kondisi negara yang masih mengalami Pandemi Covid-19 ini menuntut kalian untuk belajar di rumah.

Baik anak-anak, pada pagi hari ini kita akan membahas tentang Matematika dan Tema 1 subtema 2 pembelajaran 4.

Matematika

Pecahan Senilai

Untuk lebih mudah memahami pengertian pecahan senilai, silahkan perhatikan gambar 1 di bawah ini.

Gambar 1
Sumber: BSE


Pada gambar di atas, luas daerah yang diarsir pada Gambar A menunjukkan ¼ dari luas lingkaran, luas daerah yang diarsir pada Gambar B menunjukkan 2/8 dari luas lingkaran, luas daerah yang diarsir dari Gambar C menunjukkan 3/12 dari luas lingkaran dan luas daerah yang diarsir dari Gambar C menunjukkan 4/16 dari luas lingkaran.

 

Dari keempat gambar di atas, terlihat bahwa daerah yang diarsir memiliki luas yang sama. Oleh karena itu, pecahan ¼ = 2/4 = 3/13 = 4/16. Selanjutnya, pecahan-pecahan ¼, 2/8, 3/12, dan 4/16 dikatakan sebagai pecahan-pecahan senilai. Jadi, dapat disimpulkan bahwa pecahan senilai adalah pecahan-pecahan yang bernilai sama. Bagaimana menentukan pecahan senilai?

 

Sekarang perhatikan pecahan-pecahan ¼, 2/8, 3/12, dan 4/16. Pecahan-pecahan tersebut dapat dicari dengan cara lain, sekarang pelajari uraian berikut.

Dari uraian di atas, tampak bahwa cara menentukan pecahan senilai dapat dilakukan dengan mengalikan atau membagi pembilang dan penyebutnya dengan bilangan yang sama. Misalnya, jika diketahui pecahan m/n dengan m, n ≠ 0 maka berlaku (m × a)/(n × a) atau (m : b)/(n : b), di mana a, b konstanta positif bukan nol.

 

Untuk memantapkan pemahaman anak-anak tentang pecahan senilai, silahkan simak contoh soal di bawah ini.

 Contoh Soal

Tentukan lima pecahan yang senilai dengan pecahan berikut.

a. 2/3

b. 28/42

 

Penyelesaian:

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa pecahan senilai dapat ditentukan dengan cara mengalikan atau membagi pembilang dan penyebutnya dengan bilangan yang sama.

a. Karena pembilang dan penyebut pada pecahan 2/3 tidak bisa dibagi lagi maka dikalikan:

Jadi, lima pecahan yang senilai dengan 2/3 adalah 6/9, 8/12, 10/15, 12/18, dan 14/21.

 

b. Pecahan yang senilai dengan 28/42 yakni:

 Jadi, lima pecahan yang senilai dengan 28/42 adalah 14/21, 2/3, 56/84, 84/126, dan 112/168.

Latihan Soal Matematika Pecahan Senilai. Dikerjakan di buku tugas ya anak-anak!

Tentukan pecahan senilai dari :

1.   14      = .............

2.   23     = .............

3.  68       =.............

4.  45      =. ............

5.  48      =. ............

6.  26      = .............

7.  24      = .............

8.  57     =  .............

9.  5,    = .............

10.   34   = .............

  

Sumber Materi:

1. https://mafia.mafiaol.com/2014/08/pengertian-dan-cara-menentukan-pecahan-senilai.html

2. Buku Paket Matematika kelas 4

3. http://www.agusjp.com/2017/12/daftar-tulisan-pecahan-untuk-blog-yang_24.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar