Untuk lebih mudah memahami
pengertian pecahan senilai, silahkan perhatikan gambar 1 di bawah ini.
Gambar 1 |
Pada gambar di atas, luas daerah yang diarsir pada Gambar A menunjukkan ¼ dari luas lingkaran, luas daerah yang diarsir pada Gambar B menunjukkan 2/8 dari luas lingkaran, luas daerah yang diarsir dari Gambar C menunjukkan 3/12 dari luas lingkaran dan luas daerah yang diarsir dari Gambar C menunjukkan 4/16 dari luas lingkaran.
Dari keempat gambar di atas,
terlihat bahwa daerah yang diarsir memiliki luas yang sama. Oleh karena itu,
pecahan ¼ = 2/4 = 3/13 = 4/16. Selanjutnya, pecahan-pecahan ¼, 2/8, 3/12, dan
4/16 dikatakan sebagai pecahan-pecahan senilai. Jadi, dapat disimpulkan bahwa
pecahan senilai adalah pecahan-pecahan yang bernilai sama. Bagaimana menentukan
pecahan senilai?
Sekarang perhatikan
pecahan-pecahan ¼, 2/8, 3/12, dan 4/16. Pecahan-pecahan tersebut dapat dicari
dengan cara lain, sekarang pelajari uraian berikut.
Dari uraian di atas, tampak
bahwa cara menentukan pecahan senilai dapat dilakukan dengan mengalikan atau membagi
pembilang dan penyebutnya dengan bilangan yang sama. Misalnya, jika diketahui
pecahan m/n dengan m, n ≠ 0 maka berlaku (m × a)/(n × a) atau (m :
b)/(n : b), di mana a, b konstanta positif bukan nol.
Untuk memantapkan pemahaman
anak-anak tentang pecahan senilai, silahkan simak contoh soal di bawah ini.
Tentukan lima pecahan yang
senilai dengan pecahan berikut.
a. 2/3
b. 28/42
Penyelesaian:
Seperti yang sudah dijelaskan
di atas bahwa pecahan senilai dapat ditentukan dengan cara mengalikan atau
membagi pembilang dan penyebutnya dengan bilangan yang sama.
a. Karena pembilang dan
penyebut pada pecahan 2/3 tidak bisa dibagi lagi maka dikalikan:
Jadi, lima pecahan yang senilai
dengan 2/3 adalah 6/9, 8/12, 10/15, 12/18, dan 14/21.
b. Pecahan yang senilai dengan
28/42 yakni:
Latihan Soal Matematika Pecahan Senilai. Dikerjakan di buku tugas ya anak-anak!
Tentukan pecahan senilai dari :
1. 1⁄4 = .............
2. 2⁄3 = .............
3. 6⁄8 =.............
4. 4⁄5 =. ............
5. 4⁄8 =. ............
6. 2⁄6 = .............
7. 2⁄4 = .............
8. 5⁄7 = .............
9. 5⁄8 , = .............
10. 3⁄4 = .............
,
Sumber Materi:
1. https://mafia.mafiaol.com/2014/08/pengertian-dan-cara-menentukan-pecahan-senilai.html
2. Buku Paket Matematika kelas 4
3. http://www.agusjp.com/2017/12/daftar-tulisan-pecahan-untuk-blog-yang_24.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar